Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian

a. Ramedial

Batasan remedial khususnya remedial kelas, menurut Good (1973) didefinisikan sebagai berikut. “ Remedial kelas merupakan pengelompokkan siswa, khusus yang dipilih yang memerlukan pengajaran lebih pada mata pelajaran tertentu daripada siswa dalam kelas biasa. Tindakan kelas remedial yang berupa pengajaran kembali dengan materi pembelajaran yang mungkin diulang atau pemberian suplemen dengan soal dan latihan secara umum adalah termasuk dalam cakupan metode mengajar guru. Kegiatan evaluasi yang mendahului pengajaran remedial untuk memberikan materi pembelajaran yang harus sesuai dengan hasl diagnostic adalah merupakan cakupan evaluasi pembelajaran.

Remedial tidak lain adalah termasuk kegiatan pengajaran yang tepat diterapkan, hanya ketika kesulitan dasar para siswa telah diketahui. Kegiatan remedial merupakan tindakan korektif yang diberikan kepada siswa setelah evaluasi diagnostik dilakukan. Remedial pada umumnya mencakup pemahaman kebutuhan individu siswa, ditambah dengan metode pengajaran yang tepat yang diterapkan oleh guru agar membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Untuk menyakinkan bahwa skor pencapaian lebih bermakna, guru dapat mencari informasi tambahan yang berasal dari buku rapor siswa. Ada beberapa kemungkinan, ketika nilai suatu siswa dibandingkan dengan nilai siswa lainnya. Mereka dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu.

  1. Kelompok siswa yang under achiever
  2. Kelompok siswa yang dikategorikan mencapai nilai cukup
  3. Kelompok siswa diatas rata-rata, yaitu siswa yang yang pada umumnya mampu dan lancar dalam menerima materi pembelajaran dari para guru.

silahkan download di link di bawah ini lengkapnya.

Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s