Aliran-aliran Filsafat Pendidikan

ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Aliran-aliran Filsafat Pendidikan

Filsafat pendidikan merupakan hasil pilir manusia tentang realitas, pengetahuan, dan nilai, khususnya yang berkaitan dengan praktek pelaksanaan pendidikan. Selain pengertian tersebut terdapat juga beberapa pengertian filsafat pendidikan yang dikemukakan beberapa ahli :

1.    Muhammad Labib al-Najihi.

Filsafat Pendidikan adalah Suatu aktivitas yang teratur yang menjadikan filsafat itu sebagai jalan mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan.

2.    Kilpatrik dalam Buku Philosophy of Education menyebutkan:

Berfilsafat dan mendidik adalah dua fase dalam satu usaha. Berfilsafat adalah memikirkan dan mempertimbangkan nilai-nilai dan cita-cita yang lebih baik, sedangkan mendidik ialah usaha merealisasi nilai-nilai dan cita-cita itu didalam kehidupan dan dalam kepribadian manusia. Mendidik ialah mewujudkan nilai-nilai yang disumbangkan filsafat, dimulai dengan generasi muda, untuk membimbing rakyat membina nilai-nilai di dalam kepribadian mereka, dan melembagakannya dalam kehidupan mereka.

3.    John Dewey.

Memandang pendidikan sebagai suatu proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik menyangkut daya pikir (intelektual) maupun daya  perasaan (emotional) menuju kearah tabi’at manusia, maka filsafat juga dapat diartikan sebagai teori umum pendidikan (Democracy and Education, P. 383)

4.    Prof. Brameld berkata tentang filsafat pendidikan :

Kita harus membawa filsafat guna mengatasi persoalan-persoalan pendidikan secara efisien, jelas, dan sistematis sedapat mungkin.

5.    Van Cleve Morris menyatakan :

“Secara ringkas kita mengatakan bahwa pendidikan adalah studi filosofis, karena ia pada dasarnya, bukan alat sosial semata untuk mengalihkan cara hidup secara menyeluruh kepada setiap generasi, akan tetapi ia juga menjadi agen (lembaga) yang melayani hati nurani masyarakat dalam perjuangan mencapai hari depan lebih baik (Van Cleve Morris, Becamingan Education, P.57 dalam buku Filsafat Pendidikan Islam, Prof HM. Arifin, Med, P. 3).

Dalam filsafat terdapat berbagai aliran; sehubungan dengan itu maka dalam flsafat pendidikan terdapapat berbagai aliran sesuai dengan aliran yang ada dalam filsafat. Berikut ini akan diuraikan berbagai aliran filsafat pendidikan tersebut.

BERBAGAI ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN:

1.Filsafat Pendidikan Ideallisme.
2.Filsafat Pendidikan Realisme.
3.Filsafat Pendidikan Materialisme.
4.Filsafat Pendidikan Pragmatisme.
5.Filsafat Pendidikan Eksistensialisme.
6.Filsafat Pendidikan Progresivisme.
7.Filsafat Pendidikan Perenialisme.
8.Filsafat Pendidikan Esensialisme.

9. Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme.

File ini dapat di Download pada Link di Bawah ini.

Aliran-aliran Filsafat Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s