Asal Marga Munthe

Marga Munthe adalah marga besar,bisa dikatakan adalah marga yang diberkati Tuhan dengan mempunyai cabang yang sangat banyak dibandingkan dengan marga lain yaitu tersebar hingga ke 9 puak yaitu :

1. Marga Munthe dari Puak Tongging-Sipitunihuta
2. Marga Ginting Munthe dari Puak Karo
3. Marga Munthe dari Puak Dolok Sanggul
4. Marga Munthe dari Puak Toba
5. Marga Dalimunthe dari Puak Angkola dan Mandailing
6. Marga Munthe dan Dalimunthe dari Puak Labuan Batu
7. Marga Saragih Munthe dari Puak Simalungun
8. Marga Munthe dari Puak Gayo Lut dan Luwes Alas
9. Marga Munthe dari Puak Dairi.Awalnya saya pikir marga Siboro sudah lumayan banyak karena tersebar hingga ke 4 puak yaitu :
1.Purba Siboro di Simalungun
2.Tarigan Cibero di Karo
3.Siboro di Samosir Toba
4 .Cibro di Pakpak Dairi
Namun ternyata marga Munthe tampil sebagai benar-benar marga yang terberkati dengan penyebaran hingga ke 9 puak di Sumatra.
Saya sempat mengobrol dengan seorang Karo yang tentu saya bermerga Ginting Munthe yang mana mengatakan bahwa asli dari Munthe adalah di Karo,ini dibuktikan dengan terdapat Kecamatan Munthe di Karo sedangkan klaim atas keturunan Raja Nai Ambaton ditolak oleh bapak bermerga Ginting Munthe ini.
Lalu saya juga kenalan dengan seorang Simalungun bermarga Saragih Munthe,nah ini lain pernyataannya yaitu Saragih Munthe adalah salah satu bagian dari Saragih asli Simalungun jadi setaraf dengan Saragih Sumbayak,Saragih Garingging,Saragih Jawak dan Saragih Dasalak.Namun sayangnya lawei ini tidak bisa menjelaskan bahwa Saragih Munthe yang diklaimnya sebagai Saragih asli Simalungun itu cabang dari Saragih yang mana?
Semoga ke depan ada penjelasan lebih akurat dan masuk akal dari mana marga Munthe ini berasal dan dengan luar biasanya berada pada 12 puak di Sumatra Utara dan Aceh…
Entri ini dituliskan pada Maret 4, 2009 pada 8:41 pm dan disimpan dalam Simalungun. Bertanda: Ginting, Karo, Munthe, Saragih, Simalungun.

 Di Postkan Kembali Oleh: Dearmawanto Munthe,A.Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s